Share semua informasi seputar make money dari google

Penyebab Pengunjung Blog Turun Drastis, Begini Cara Mengatasinya


Pertanyaan saya : Apa penyebab “traffic blog” menurun setiap bulan, dulunya 6 ribu sekarang cuma 900-an ?

Jawaban dari : Rosyid Radent

Penurunan trafik organik blog secara drastis ini pernah juga saya alami, dan itu berlangsung cukup lama.

Saya coba bertanya keteman-teman blog lain tentang permasalahan menurunnya trafik blog dan jawaban mereka adalah “Terus update artikel”.

Dan itu saya lakukan setiap hari update artikel , 4–5 artikel saya publikasikan.

Hampir sebulan lebih saya konsisten membuat 4–5 artikel setiap hari, tapi ada yang aneh… trafik blog saya tidak juga ada peningkatan.

Penyebab Pengunjung Blog Turun Drastis, Begini Cara Mengatasinya

Saya mulai gencar nyari-nyari informasi tentang masalah trafik blog di internet.

Termasuk di quora ini, saya pernah melayangkan pertanyaan tentang penurunan drastis trafik blog.

Jawaban mereka tidak jauh dari terus “update artikel”.

Ia artikel, tapi saya bingung harus artikel yang seperti apa… karena semuanya sudah saya kerjakan.

Dari menulis artikel minimal 500 kata keatas dengan menerapkan seo dasar didalamnya, dan artikelnya pun cukup bagus dan berbobot.

Tapi trafik blog malah terus semakin turun, sampai menembus angka 400/hari dari 10.000–11.000/hari.

Kalau di ibaratkan manusia, mungkin penyakitnya sudah sangat parah…

Jadi menelan satu atau dua obat saja tidak akan membuat nya cepat pulih kembali.

Sedih rasanya melihat trafik blog sakitnya semakin parah.

Setiap hari saya renungkan,sambil terus mencari informasi.

Sampai akhirnya saya menyadari kesalahan terbesar saya selama mengelola blog.

Pertama: Dulu jarang update artikel

Ini yang membuat blog saya dulu tiba-tiba down.

Saya terlena dengan trafik organik yang cukup lumayan dulu menurut saya, di tambah lagi dengan trafik non organik dari fanspage facebook yang cukup besar pula.

Hingga saya tertidur sangat pulas, sampai jarang sekali melakukan aktifitas untuk blog.

Dalam seminggu hanya beberapa kali saya tengok dan itupun sekedar nengok .

Hanya 1–2 artikel yang saya hasilkan dalam sebulan.

Blog pun terus tergerus dan akhirnya terjungkal oleh blog orang lain yang lebih fresh.

Kedua: Mengedepankan ego

Dulu saya membuat artikel tidak memikirkan pembaca, pokoknya sesuka hati saya.

Apakah nanti mereka senang atau tidak dengan artikel yang saya buat, itu urusan belakang.. yang penting saya update artikel.

Ternyata mengelola blog itu tidak bisa update artikel sesuka hati.

Tapi berikan kepada pengunjung konten yang di sukai dan di butuhkan oleh mereka.

Ketiga: Malas update situasi terkini

Saya tipe orang yang tidak suka ikut-ikutan.

Begitupun dalam membuat artikel..

Saya selalu bahas topik-topik lama yang cenderung banyak orang sudah tau.

Dan akhirnya mereka malas mengunjungi blog saya, karena kontennya sudah tidak ada yang menarik dan model lama.

Setelah saya sadari ternyata penting sekali mengikuti perkembangan zaman, agar kita tau konsumen itu sedang butuh apa.

Yang saya lakukan untuk mendongkrak kembali trafik blog adalah:

-Terus update artikel yang sangat di butuhkan oleh masyarakat kekinian

-Tetap terapkan teknik seo dasar

-Ajak orang memasang iklan baris gratis di blog kita. ( Ini cara cukup ampuh) karena orang Indonesia suka yang gratis-gratis.

-Setiap artikel baru langsung share ke medsos.

Saya pakai ke empat cara simple itu saja, karena tidak terlalu faham dengan teknik seo.

Tapi alhamdulillah, selama dua bulan lebih saya konsisten lakukan itu.. Trafik blog mulai sehat kembali.

Itu saja dari saya, maaf kalau jawaban dari saya banyak kesamaan dengan yang lain.

Jawaban dari : Rumah SEO

Ada banyak hal yang mempengaruhi itu di antaranya :

  1. Pesaing anda mempunyai konten yang lebih berkualitas itu membuat secara peringkat konten anda mulai menurut di pencarian google.
  2. Pesaing anda lebih rutin Posting artikel
  3. Pesaing anda mengoptimasi konten mereka baik itu ON page atau OFF Page.
  4. Pesain anda lebih rajin update artikel lama mereka sehingga selalu terlihat fresh.
  5. Dari segi layout segala macam itu berpenagruh terhadap SEO di Google.

hanya itu saja semoga bermanfaat.


Related : Penyebab Pengunjung Blog Turun Drastis, Begini Cara Mengatasinya

0 Komentar untuk "Penyebab Pengunjung Blog Turun Drastis, Begini Cara Mengatasinya"